Bosan Pakai Google? Ini 5 Mesin Pencari yang Bisa Kamu Pakai

Macam Macam Search Engine

Tidak bisa dipungkiri bahwa Google adalah mesin pencari terpopuler saat ini. Hampir semua orang menggunakan Google ketika ingin mencari informasi di internet. Entah itu mahasiswa yang sedang mencari bahan skripsi. Desainer yang mencari inspirasi desain. Sampai orang yang mencari lamaran pekerjaan. Semua orang menggunakan Google. Namun, sama seperti produk lainnya. Jika telah menggunakannya berkali-kali, akan timbul rasa bosan yang membuat kita ingin mencari sesuatu yang baru. Jika kamu sudah mulai bosan menggunakan Google, maka kamu bisa mencoba menggunakan 5 search engine atau mesin pencari di bawah ini. 

 

Macam Macam Search Engine

DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah salah satu alteratif terbaik untuk anda yang mulai bosan menggunakan Google sebagai mesin pencari. Salah satu keunikan DuckDuckGo dibandingkan dengan mesin pencari lainnya adalah betapa pedulinya mereka dengan kerahasiaan data penggunanya. DuckDuckGo tidak menyimpan dan menjual data-data para penggunanya.

 

Macam Macam Search Engine

Bing

Bing adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh raksasa pembuat perangkat lunak Microsoft. Sebelum berevolusi menjadi Bing, mesin pencari ini pernah dikenal dengan nama Windows Live Search, Live Search, dan MSN.
Namun akhirnya Microsoft memutuskan untuk menggabungkan itu semua menjadi Bing. Kamu bisa menggunakan Bing untuk mencari website, gambar, berita, dan masih banyak lagi. Bing adalah mesin pencari default untuk browser Microsoft Edge.

Macam Macam Search Engine

Startpage

Menjuluki dirinya sebagai “the world’s most private search engine”, Startpage memang sangat memperhatikan kerahasiaan data para penggunanya. Bukan hanya tidak mengumpulkan data para penggunanya, Startpage juga memiliki fitur untuk mengunjungi website hasil pencarian dengan menggunakan proxy. Keren bukan?

Macam Macam Search Engine

Ecosia

Ecosia perlahan-lahan mendapatkan ketenarannya sebagai salah satu mesin pencari alternatif Google. Jika kamu adalah pecinta bumi dan memiliki moto go green, maka kamu harus menggunakan Ecosia sebagai mesin pencari utama kamu.
Pasalnya, Ecosia akan menanam pohon dari sebagian pendapatan iklannya. Sampai saat tulisan ini diterbitkan, telah lebih dari 8 juta pohon ditanam oleh Ecosia.

Macam Macam Search Engine

Dogpile

Dogpile sebenarnya sudah pernah ada bertahun-tahun lalu, ketika Google pertama kali diluncurkan. Namun karena algoritma yang digunakan Dogpile cukup buruk, akhirnya orang-orang lebih memilih menggunakan Google karena mampu menampilkan hasil pencarian lebih relevan. Kini, Dogpile seakan kembali menantang Google dengan algoritma yang lebih matang dan tampilan web yang sederhana.

Ternyata banyak juga mesin pencari selain Google ya. Selain bisa digunakan untuk kamu yang sudah bosan menggunakan Google, 5 mesin pencari diatas juga cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan privasi yang lebih karena kebanyakan dari mesin pencari diatas tidak mengumpulkan informasi pribadi kamu.
Bagaimana, tertarik untuk menggunakan salah satunya sebagai mesin pencari utama kamu?  Kunjungi websitenya dan carilah apa yang ingin kamu cari menggunakan ke-5 mesin pencari diatas.

Comments

comments

Leave a Comment