Waspadai! Pertanda Kamu Harus Pindah Web Hosting

Yakin udah nyaman sama web hostingmu yang sekarang?. Tapi jangan sampe karena udah terlanjur nyaman jadi buta kalo sebenernya (website) kamu sedang tersakiti #EAA. Meskipun berat, waspadai! pertanda kamu harus pindah web hosting, berikut ini!

1. Siapa yang tahan dengan downtime? apalagi kalo frekuensinya udah mulai sering

Tanda Pindah Hosting

Sebagai orang yang udah akrab dengan istilah per-hosting-an, tentu udah ga asing lagi kan dengan istilah downtime. Yap, downtime bisa dikatakan saat website anda tidak dapat diakses sama sekali dalam waktu tertentu. Penyebab downtime sendiri beragam, seperti kendala server, network, dll.

Nah, kalo kamu seorang pebisnis online, downtime pasti bikin pengaruh juga ke omzet penjualanmu, kan?. Nggak hanya sampe disitu, downtime juga bakal bikin rangking SEO dan traffic website kamu lama – lama turun.

2. Ketika websitemu sering mengalami “Error establishing database connection” juga

Tanda Pindah Hosting

Pesan error ini muncul, karena server websitemu udah ga mampu lagi nampung data websitemu. Artinya, kebutuhan websitemu udah melebihi dari kapasitas server web hostingmu saat ini. Bisa juga karena kamu memasang plugin yang salah di websitemu. Solusinya, kamu bisa berdiskusi dulu dengan tim support hostingmu untuk upgrade ke layanan dengan kapasitas yang lebih banyak. Namun, jika hal tersebut sudah tidak memungkinkan, ucapkan selamat tinggal pada web hosting provider lamamu.

3. Hmm… Internal Server Error kok sering?

Tanda Pindah Hosting

Masih sama seperti kendala diatas, pesan error ini juga memiliki beberapa penyebab. Seperti kesalahan file htaccess, kesalahan ijin akses, atau penggunaan resource yang berlebihan. Parahnya lagi, hal ini bisa terjadi, karena proses yang dibutuhkan server web hosting kamu membutuhkan proses terlalu lama, sehingga menyebabkan timeout.

Hmm… kalo udah kayak gitu terus – terusan mending siap – siap lirik provider hosting baru deh!

4. Gaada angin gaada ujan, website kamu suka mendadak suspend, gabisa dibiarin!

Tanda Pindah Hosting

Provider web hosting yang baik pasti punya SLA / TOS, yang didalamnya mereka tercantum aturan penggunaan layanan. Dimana, mereka bisa melakukan suspend apabila website kamu melakukan pelanggaran terhadap aturan penggunaan layanan atau terlambat dalam pembayaran perpanjangan. Sebagai provider hosting yang baik, tentu kami juga akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu sebelum melakukan suspend terhadap website pelanggan melalui email / sms. Namun, jika anda tidak pernah mendapat pemberitahuan terlebih dahulu, dan tiba – tiba mendapati website anda suspend, tentu mengesalkan, bukan?.

5. Pelayanan CS nya jelek, ini nih yang suka bikin naik pitam

Tanda Pindah Hosting

Salah satu faktor yang perlu kamu perhatiin waktu memilih provider web hosting, salah satunya adalah pelayanan customer servicenya. Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, termasuk keadaan server / network sebuah web hosting. Namun, ketika terdapat kendala tapi customer service provider lamamu tidak solutif atau malah tidak dapat dihubungi, mending cari yang lain deh!.

Oleh karena itu, jangan mudah terjebak oleh rayuan harga murah, tapi pelayanannya bikin geleng – geleng kepala. Customer service yang online 24 jam dalam 7 hari wajib hukumnya masuk list pencarian provider web hosting idamanmu. Agar, jika terdapat kendala atau pertanyaan kapanpun, bahkan di tengah malam, websitemu masih bisa online terus…

6. Provider hosting kamu udah ga mampu lagi nampung kebutuhan websitemu yang udah gede

Tanda Pindah Hosting

Ini juga sering terjadi di kalangan pebisnis online yang bisnisnya lagi ada di puncak kesuksesan. Semakin meningkat jumlah visitor website kamu, maka semakin membutuhkan resource yang besar juga. Apabila hal ini tidak terpenuhi, maka akan mempengaruhi kinerja website dalan satu server menjadi lambat. Oleh karena itu, shared hosting biasa saja tidak cukup jika visitor website anda sudah melonjak. Kamu bisa upgrade ke layanan VPS yang punya resource lebih besar daripada dedicated hosting, atau Dedicated Hosting jika kamu tidak ingin repot untuk me-manage servermu. 

7. Kalo website kamu yang lemotnya minta ampun, mending cepet pindah deh!

Tanda Pindah Hosting

Kecepatan akses sebuah website juga merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Website yang memiliki akses cepat, akan lebih nyaman diakses visitor. Lambatnya akses sebuah website dapat dipengaruhi oleh besarnya file website atau resource website kamu. Tidak dapat ditepis pula, apabila sebuah website yang lambat juga dapat dipengaruhi oleh terlalu banyaknya pengguna dalam satu server. Dalam kasus ini, adanya solusi dari provider hosting sangat diperlukan. Akankah dapat datasi dengan upgrade layanan atau menggunakan fasilitas tambahan seperti Web Accelerator. Jika provider web hostingmu, tidak dapat memenuhi keduanya, saatnya mempersiapkan diri untuk beranjak ke provider web hosting yang lebih baik.

Itu tadi 7 tanda – tanda kamu harus pindah web hosting, yang perhatikan. Apakah kamu sudah mengalami salah satu atau beberapa diataranya?. Lebih baik siapkan kantongmu untuk mulai mencari provider web hosting dengan layanan terbaik dan harga yang terjangkau, sekarang juga!

 

Comments

comments

2 Comments

  1. CDBA on July 11, 2017 at 2:16 am

    Betul sekali dengan apa yang di jelaskan di atas tadi karena saya sendiri baru baru ini mengalami masalah serupa sehingga sayapun memutuskan untuk pindah server ke vps dan hasilnya sangat bagus terimakasih atas informasinya bermanfaat

  2. CDBA on July 11, 2017 at 2:19 am

    Betul sekali dengan apa yang di sampaikan di atas tadi karena baru-baru ini saya sendiri mengalami masalah serupa sehingga akhirnya saya memutuskan untuk pindah server ke vps dan hasilnya cukup memuaskan. Terimakasih atas infonya sangat membantu

Leave a Comment